Home » , , , , , , , , , » Kata Dirjen Kebudayaan Soal Makna Nyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza

Kata Dirjen Kebudayaan Soal Makna Nyanyikan Indonesia Raya 3 Stanza

Written By admin on Kamis, 01 Juni 2017 | Juni 01, 2017


harian365.com - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud), Hilmar Farid, berbicara rencana menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza bisa menjadi media pendidikan karakter anak bangsa. Pasalnya Mendikbud Muhadjir Effendy ingin para siswa memimpin nyanyian lagu kebangsaan tersebut dengan cara bergantian, setiap harinya, di sekolah-sekolah.

"Yang terpenting sih petunjuk bagaimana conduct, sebab Pak Menteri maunya anak-anak bergantian gitu, mereka conduct, bisa memimpin (pelantunan lagu Indonesia Raya, red) itu sendiri. Sehingga ini juga menjadi tahap dari pendidikan karakter," kata Hilmar di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Hilmar berkata, dengan sistem memimpin nyanyian Indonesia Raya dengan cara bergantian, maka jiwa berani tampil bakal tumbuh di diri setiap anak. Faktor tersebut mengangkat pengaruh baik kedepannya.

"Membikin anak-anak ini berani tampil ke depan, memimpin serta sesemakinnya," ujar Hilmar.


Dia membeberkan ide awal menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza berawal dari agenda Hari Sumpah Pemuda yang digelar direktoratnya. Saat melantunkan Indonesia Raya dengan stanza kedua serta ketiga, tak sedikit hadirin yang merasa asing.

"Nah bertolak dari pemikiran lirik ini, nggak dikenal. Padahal lirik stanza kedua serta ketiga sangat relevan dengan apa yang kami hadapi sekarang," sebutnya.

"Kita cenderung melalaikan yang di pinggir-pinggir, padahal kan di situ pesannya selamatkan pulaunya, lautnya serta pandunya. Semuanya di dalam lagu Indonesia Raya itu," papar dia.

"Jadi menonton liriknya punya pengertian yang begitu penting, kami ambil inisiatif untuk merekam itu," imbuh Hilmar. 




Sumber : harianhot
\
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger