Home » , , , , , , , , , , » Karena Mutasi Genetik, Gadis Ini Sangat Rentan Kena Pilek

Karena Mutasi Genetik, Gadis Ini Sangat Rentan Kena Pilek

Written By admin on Selasa, 13 Juni 2017 | Juni 13, 2017


harian365.com - Ada permasalahan unik yang dilaporkan dalam jurnal Experimental Medicine. Peneliti menemukan seorang gadis lima tahun yang dia berkali-kali wajib dirawat sebab penyakit yang tidak jarangnya hanya memunculkan gejala ringan yaitu pilek. 

Sejak tetap berumur satu bulan gadis yang bukti dia dirahasiakan tersebut diketahui sempat terinfeksi oleh virus pilek (rhinovirus) serta influenza bersamaan. Dia wajib dipasangkan alat ventilator supaya dapat bernapas. 

Dari situ seiring berlangsungnya waktu sang gadis wajib bolak-balik dirawat di rumah sakit serta pada perawatan yang ke-15 dokter mulai curiga ada sesuatu yang aneh. Menurut dokter sewajibnya infeksi parah dari pilek tidak setidak jarang semacam yang terjadi pada sang gadis.

Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), Amerika Serikat, dr Anthony Fauci berbicara seusai diteliti lebih jauh sang gadis nyatanya mempunyai mutasi genetik. Ada kecacatan pada protein MDA5 yang sewajibnya bertugas untuk mengetahuii virus-virus tertentu serta mengirim sinyal ke protein sistem imun lain untuk menyerang infeksi.

Tes pada tikus menunjukkan ketika protein MDA5 tidak aktif, maka ia rentan terkena penyakit sebab imunitasnya tidak bekerja dengan baik.


"Respon imun tubuh manusia kepada virus pilek tetap sedikit dipahami... Dengan menginvestigasi permasalahan unik ini, peneliti kita berharap selain dapat membantu sang gadis tapi juga menjawab pertanyaan besar terkait penyakit pilek yang memengaruhi semua orang," kata dr Anthony semacam dikutip dari Live Science, Selasa (13/6/2017).

Saat ini kondisi kesehatan sang gadis dilaporkan terus sehat. Tubuhnya dibantu untuk matang mengembangkan antibodi jadi dapat mengkompensasi protein MDA5-nya yang cacat.

Peneliti berbicara walau sang gadis sukses selamat dari infeksi pernapasan berkali-kali, dia tetap membutuhkan bantuan terapi oksigen.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger