Home » , , , , , , , , , , , , , , » Jangan Tinggalkan Garut Tanpa Menyantap Sate Dombrut yang Empuk Juicy!

Jangan Tinggalkan Garut Tanpa Menyantap Sate Dombrut yang Empuk Juicy!

Written By admin on Rabu, 28 Juni 2017 | Juni 28, 2017


harian365.com - Selain Tegal di Jawa Tengah, kabupaten Garut tersohor dengan daging domba yang enak. Apalagi apabila dinikmati sebagai sate domba yang empuk! 

Pemandangan gunung, permandian air panas menjadi pesona alam kabupaten Garut. Soal kuliner, Garut tersohor dengan domba Garut yang dikenal dagingnya empuk, tidak berbau prengus dan juicy. 

Sebabnya tidak hanya dodol, sate domba Garut harus dicicipi apabila berlibur atau melintasi kabupaten yang sejuk ini. Berbagai warung dan rumah makan memperkenalkan sate domba Garut asli. Salah satunya warung sate Domba Garut.


"Sate pada umumnya terbuat dari daging kambing, kalaupun terbuat dari domba, itu domba yang tidak jarang ditemui di pedagang-pedagang hewan. Di sini kita membikin olahan sate dari daging Domba Garut asli," ungkap pemilik warung sate Domba Garut, Taufan Rimaldi terhadap harianfood di Jalan Pataruman, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (27/6). 

Daging domba yang dipilih pastinya tidak sembarangan. Domba Garut yang dagingnya hendak dijadikan sate adalah domba berumur di bawah lima bulan. Atau disebut dengan 'balibul'. Tidak hanya itu, daging domba Garut juga di simpan dengan dibungkus daun pepaya supaya tidak mengeluarkan aroma amis dan tekstur dagingnya terus empuk. 


Sate daging domba Garut ini kemudian dibakar di atas tungku yang tidak menyala atau warga Garut menyebutnya teknik ganggang selagi 15 menit saja. Seusai matang, sate Domba Garut ini disaapabilan dengan bumbu kacang dan kecap, irisan cabai merah, tomat. bawang merah dan jeruk nipis. 

"Di setiap tusuknya, sate disaapabilan tanpa memakai lemak atau murni daging semua," katanya. Daging satenya walau tanpa lemak terasa empuk, gurih dan juicy. Jus daging terasa gurih enak walau tidak dicocol saus kacang dan kecap. Namun makin enak dengan sedikit cocolan saus kacang dan suapan bawang merah dan cabe rawit cincang. Gurih-gurih sedap! 

Sate Domba Garut ini saat ini menjadi menu baru yang hits di Garut. Taufan mengaku sejak pertama kali dibuka tahun 2016 lalu, warung sate Domba Garut miliknya saat ini tidak jarang dikunjungi para pemburu kuliner asal Garut maupun dari luar daerah. 

"Apalagi saat libur Lebaran semacam ini. Setiap hari nyediain satu ekor domba Garut ukuran besar dapat habis," ungkapnya. "Sate Domba Garut tepat dikonsumsi oleh para semua kalangan. Tidak hanya dagingnya empuk sate ini juga rendah kolesterol sebab disaapabilan tidak memakai lemak," Taufan meningkatkankan. 


Di Garut sendiri, belum tidak sedikit warung atau restoran yang menyediakan menu sate olahan daging domba Garut asli. Hanya berbagai saja yang menyediakan menu ini. Apabila kamu berlibur ke Garut, bakal lengkap rasanya liburan kamu apabila kamu mencicipi menu yang satu ini. 

Anda dapat memperoleh sate daging domba Garut di warung Domba House yang terletak tidak jauh dari kawasan objek wisata pemandian air panas Cipanas, Garut. Tepatnya di Jalan Pataruman, nomor 1B, Kecamatan Tarogong Kidul. 


Warung sate Domba Garut milik Taufan ini buka mulai dari jam delapan pagi sampai jam sebelas malam. Kamu dapat menyantap seporsi sate domba Garut hanya dengan merogoh kocek Rp 60 ribu.




Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger