Home » , , , , , , , , , , , » Jangan Sepelekan Diare, Keluhan Ini Banyak Bikin Puasa Batal

Jangan Sepelekan Diare, Keluhan Ini Banyak Bikin Puasa Batal

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Diare terbukti tak dengan cara langsung berhubungan dengan puasa Ramadan. Tetapi faktanya, gangguan BAB (Buang Air Besar) ini tak jarang terjadi di hari-hari pertama bulan Ramadan serta menjadi salah satu penyebab batalnya puasa.

Salah satunya dialami oleh seorang pembaca, yang memberi tau keluhannya dalam Live Chat harianhealth berbagai waktu lalu. Ia mengaku tak jarang mulas serta diare selepas makan sahur.

Menurut konsultan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, gangguan pencernaan paling tak sedikit dikeluhkan para pasien yang masuk rumah sakit jadi wajib mengabolisi puasa, khususnya di awal-awal bulan Ramadan. Diare alias mencret tergolong di antaranya.

"Biasanya mereka mengalami gangguan pencernaan malam hari alias saat sahur, serta ini berhubungan dengan makanan alias minuman yang dikonsumsi saat buka puasa," kata dr Ari, semacam sempat dikabarkan harianhealth sebelumnya.


Menurut dr Ari, diare pada pagi hari dapat dikarenakan oleh asupan makanan yang tak cocok saat berbuka pada hari sebelumnya. Dapat juga sebab makanan dan minuman yang dikonsumsi terkontaminasi bahan berbahaya.

Pendapat ini disampaikan dr Ari terkait dengan maraknya temuan takjil yang mengandung bahan-bahan berbahaya oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Saat itu, diperkirakan 10 persen takjil mengandung bahan-bahan semacam boraks dan formalin, dan pewarna Rodhamin B yang dapat merusak ginjal.


Apabila tak teratasi, diare dapat memicu dehidrasi alias ketidak lebihan cairan. Terlebih sebab saat puasa, asupan makan dan minum dibatasi sampai kurang lebih 12 jam.

"Bilamana nggak kuat, terlalu masif diarenya, pasti kami mau nggak mau wajib mulai minum cairan, artinya abolisi puasa," kata dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger