Home » , , , , , , , , , , » Inilah Masjid Sakral yang Paling Diperebutkan di Dunia

Inilah Masjid Sakral yang Paling Diperebutkan di Dunia

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Apabila ada perebutan gelar tempat paling diperebutkan di muka bumi, mungkin Masjidil Aqsa yang paling pantas memegang gelar tersebut.

Berada di bawah otorisasi Israel serta negara Palestina, Masjidil Aqsa hingga saat ini menjadi tempat paling diperebutkan sebab menyangkut tempat suci bagi 4 Agama, yakni Islam, Nasrani, Yahudi serta Armenian.

Masjidil Aqsa berada di rumit Al Haram Asy Syarif alias tanah suci yang mulia, suatu  komplek dengan luas hampir 14 ha dengan dinding-dinding kokoh berusia ratusan tahun yang berdampingan dengan tembok ratapan umat Yahudi serta Gereja umat Nasrani.

Tak ayal, apabila kami masuk Masjidil Aqsa kami bakal berjumpa umat-umat agama lain dengan pakaian jas, tuxedo , maupun baju gamis sesuai dengan kepercayaan agama masing-masing.

Meski berada di wilayah Palestina, Masjidil Aqsa saat ini berada di otorisasi tentara Israel. Sehingga apabila kami ingin masuk Masjidil Aqsa, kami musti melewati penjagaan tentara bersenjata Israel.

Aqsa dibuka pagi hari pukul 03.30 sebelum shubuh, walau pada kenyataanya tak jarang telat. Umat Muslim musti menantikan pintu gerbang dibuka tentara Israel untuk dapat melaksanakan Sholat Shubuh di Aqsa.

Tidak sama dengan Masjid Nabawi serta Masjidil Harom di Mekkah, walau menjadi salah satu di antara tiga tempat suci umat Muslim dunia, Masjidil Aqsa dapat dibilang sepi pengunjung maupun wisatawan.

Ketatnya otorisasi Israel yang menyebabkan sulitnya wisatawan mancanegara khususnya umat muslim untuk mengunjungi Masjidil Aqsa.

Meski begitu, dapat hingga di Aqsa menjadi peristiwa berarti tersendiri bagi saya. Tempat yang sempat menjadi kiblat pertama umat muslim ini terbukti menjadi cita-cita saya untuk dapat mengunjunginya.

Pasalnya, di sini tempat tuan Nabi Muhammad meperbuat start untuk menuju Sidaratul Muntaha pada peristiwa Isra serta Mi'raj. Di sini pula, tuan Nabi Muhammad SAW menjadi imam bagi 125 ribu nabi serta rosul yang sempat nasib di muka bumi.

Tiga hari berada di Aqsa menjadi kenangan yang berarti bagi saya, berjumpa dengan anak-anak Palestina yang bermain di bola di halaman Aqsa maupun mengaji di dalam Masjidil Aqsa.

Apabila waktu shalat tiba, mungkin hanya 3 shaf tampak jamaah yang meperbuat sholat di Masjid yang begitu megah ini.

Di tahap bawah masjid ini juga tersedia lorong-lorong dimana apabila kami sholat alias berada di dalamnya semacam berada di lorong bawah laut. Suasana mistis begitu terasa, maklum, di lorong Aqsa tetap sangat kental dengan bangunan orisinil sejak zaman Nabi Sulaiman As. 


Di lorong Aqsa pulalah Nabi Sulaiman memendam seluruh ilmu sihir yang sempat ada di muka bumi. Di dalamnya juga tersedia sumur zaitun. 

Aqsa yang dari luar nampak tua, tetapi megah di dalamnya menjadi rebutan Israel serta Palestina hingga kini, hingga kiamat kelak semacam dituliskan dalam Al Quran. 

Apabila traveler muslim mungkin telah tak jarang bolak balik menginjakkan kaki di Masjidil Harom serta Madinah untuk meperbuat ibadah Haji serta Umroh, ke depan mungkin ada baiknya, Aqsa juga menjadi daftar putih perjalanan rekan-rekan

Apabila bukan kami yang mengunjunginya, siapa lagi yang bakal menjenguk saudara-saudara kami di Palestina yang nasib mati dalam perjuangan setiap harinya.




Sumber : hariantravel


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger