Home » , , , , , , , , , , » Ini yang Sebenarnya Terjadi Ketika Perut Terasa Lapar

Ini yang Sebenarnya Terjadi Ketika Perut Terasa Lapar

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Rasa lapar adalah salah satu tantangan mutlak saat menjalankan puasa Ramadan. Apa yang sebetulnya terjadi ketika perut terasa lapar, dan bagaimana apabila tak segera makan?

Rasa lapar adalah hasil dari serangkaian proses yang terjadi ketika kadar glukosa alias gula dalam darah menipis. Saat berpuasa, biasanya ini terjadi seusai 5-6 jam seusai makan sahur. Tak lebih lebih, menjelang dzuhur.

Di dalam tubuh, glukosa adalah bahan bakar. Tipe gula sederhana ini didapat dari makanan dan minuman manis, dan hasil memecah-mecah karbohidrat dari nasi maupun ubi. Juga dari pasta dan roti, yang di dalam tubuh disimpan dalam bentuk glikogen.

Ketika kadar glukosa menipis, system pencernaan anak melepaskan beberapa tipe hormon, tergolong insulin. Pelepasan hormon-hormon tersebut adalah sinyal bahwa tubuh membutuhkan asupan bahan bakar. Di otak, sinyal ini diterjemahkan sebagai rasa lapar.


Bagaimana apabila tak segera makan, umpama ketika sedang berpuasa? Tenang, tubuh tak bakal dan merta kolaps ketika cadangan glukosa semakin menipis. Ketika glukosa habis, saat itu juga tubuh bakal memakai lemak yang terbukti bermanfaat sebagai cadangan energi.

Makan jangan heran apabila puasa sangat keren untuk menurunkan berat badan. Oleh sistem metabolisme, lemak di dalam tubuh bakal dipecah-pecah menjadi asam lemak untuk menggantikan glukosa sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi.


Apabila tubuh masih tak mendapat asupan makan, maka proses ini bakal berjalan berhari-hari sampai cadangan lemak habis. Dan ketika lemak telah habis, maka yang bakal digunakan sebagai bahan bakar merupakan protein. Artinya, pada bagian ini tubuh bakal mulai memakan dia sendiri. 





Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger