Home » , , , , , , , , , , , » Ini Rahasia Bikin Soto Betawi yang Gurih Harum

Ini Rahasia Bikin Soto Betawi yang Gurih Harum

Written By admin on Rabu, 14 Juni 2017 | Juni 14, 2017


harian365.com - Soto khas Betawi menggunakan paduan susu dan santan. Rasanya gurih dengan bau harum rempah. Enak dihirup hangat. Kalau mau membikin sendiri, berbagai trik ini butuh diperhatikan.

Soto Betawi adalah tipe soto terkenal di Jakarta. Semacam halnya soto Madura, soto Betawi juga punya isian komplet semacam potongan daging dan jeroan. Variasi soto Betawi tak sama-beda pada warna kuahnya. Ada yang berwarna putih sampai kemerahan.


"Warnanya berasal dari campurannya. Kalau putih menunjukkan bahwa kuah kaldunya tak diberi campuran cabel dan rempah terlalu tak sedikit," tutur Astrid Enricka dari ACMI (Aku Cinta Makanan Indonesia).

Untuk menghasilkan kaldu yang gurih dan daging yang empuk, daging tahap sengkel sehingga opsi cocok. "Kurang lebih 1 Kg daging sengkel dipotong menjadi tiga tahap dan direbus dengan api sedang selagi 1 jam," jelas Astrid.

Baca juga: Enaknya Soto Betawi dan Pempek di Kantin West Mall Grand Indonesia

Bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, lada, daun jeruk, serai, kayu manis, kapulaga dan star anise (pekak). "Bawang putih, bawang merah dan lada dihaluskan dan ditumis dengan minyak samin. Minyak samin dapat diganti dengan margarin alias mentega," ungkapnya. Minyak samin bakal memberi rasa gurih sekaligus harum yang khas.


Bumbu yang telah ditumis ditambahkan ke dalam air kaldu. Seusai itu masukkan santan serta susu. "Santan serta susu perbandingannya dapat 1:1. Gabungan antara susu serta santan dapat menghasilkan rasa yang lebih ringan tak terlalu berlemak," tambahnya.

Baca juga: Sedang di Jakarta Pusat? Nikmati Soto Betawi di 5 Tempat Ini.

Seusai matang, barulah daging sengkel rebus diiris kecil-kecil. Saapabilan soto Betawi bersama dengan taburan bawang goreng, irisan daun bawang, tomat, kentang goreng serta juga acar.






Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger