Home » , , , , , , , , , , , , » Ini Kata Chef Soal Cara Mengolah Daging Rusa

Ini Kata Chef Soal Cara Mengolah Daging Rusa

Written By admin on Sabtu, 10 Juni 2017 | Juni 10, 2017


harian365.com - Di berbagai wilayah, tak sedikit orang yang konsumsi daging rusa. Sebab punya rasa yang tak sama, ini kata chef soal tutorial mengolah daging rusa.

Baru-baru ini diketahui ada setidak sedikit delapan bangkai yang diduga rusa ditemukan di jalur pendakian Gunung Lawu, Jawa Tengah. Serta daging bangkai fauna yang sebelumnya disebut rusa, saat ini ada yang menyatakan kijang.


Mendengar olahan daging rusa, pasti sehingga faktor yang terdengar aneh bagi kita. Pasalnya berbagai fauna semacam rusa ataupun kijang sama-sama dilindungi. Tapi di Aceh dan Merauke tak sedikit masyarakat yang tetap mengolah daging rusa menjadi beragam sajian lezat semacam sate, bakso sampai dendeng dan abon.

Tentang olahan daging rusa, harianfood juga bertanya dengan salah satu chef. Menurut chef Stefu Santoso, daging rusa tak sama dengan daging sapi sebab warna daging rusa lebih putih dibandingkan dengan daging sapi.

Sedangkan teksturnya, Stefu menyatakan bahwa itu tergantung usia rusa. "Kalau lebih mudah biasanya tekstur daging fauna bakal lebih tender," jelasnya.

Stefu juga membahas, pengolahan daging rusa biasanya tergantung dari tahap dagingnya. "Ada loin dan tahap lain. Kalau yang loin lebih keren di pan seared kemudian di slow roast. Kalau tahap tenderloinnya apabila di restoran Prancis diberi sauce dengan tambahan red wine," ungkap Stefu terhadap harianfood (09/06).


Mengaku sempat mengolah daging rusa saat beliau belum menjadi chef, Stefu berbicara daging rusa punya rasa yang hampir mirip dengan daging sapi. Hanya saja aromanya tak sama. "Agak beda sih, agak susah dijelaskan tapi lebih light dari lamb," pungkasnya.

Soal olahan daging rusa yang dibangun menjadi sajian Indonesia, Stefu mengaku tak tidak sedikit tahu. Sebab tak sedikit yang bawa daging rusa itu kalau ada yang sedang berburu.






Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger