Home » , , , , , , , , , , » Ingin Cabut Gigi Geraham Bungsu? Lakukan Sebelum Umur 30 Tahun

Ingin Cabut Gigi Geraham Bungsu? Lakukan Sebelum Umur 30 Tahun

Written By admin on Sabtu, 17 Juni 2017 | Juni 17, 2017


harian365.com - Gigi geraham bungsu biasanya baru bakal tumbuh di usia 18-25 tahun. Tetapi pada berbagai orang geraham bungsu ini dapat tumbuh miring akibat tak mendapat ruang yang lumayan di rongga mulut terkendala oleh gigi yang telah ada (impaksi).

Akibatnya dapat muncul rasa nyeri, karies gigi, pembengkakkan, sampai terjadi penumpukan abses bila geraham bungsu tersebut dibiarkan lama-lama. Oleh sebab itu disarankan dokter supaya geraham bungsu tersebut dicabut sesegera mungkin.

Para pakar menyarankan supaya geraham bungsu yang mengganggu dicabut sebelum seseorang memasuki usia 30 tahun. Alasannya sebab terus tua maka akar gigi geraham bungsu yang tumbuh miring bakal terus menancap mantap susah untuk diangkat.

Ahli robek mulut J. David Johnson dari Oak Ridge berbicara bila akar geraham bungsu dibiarkan menancap kuat maka prosedur yang wajib diperbuat untuk mengangkatnya bakal terus berisiko memunculkan kerusakan. Saraf gigi serta tulang rahang dapat ikut terpengaruh.

"Banyak pasien disarankan untuk mencabut geraham bungsunya sebelum dirinya tumbuh sempurna... Jangan lewatkan peluang untuk mencabut gigi itu," kata David semacam dikutip dari US News.


Spesialis robek mulut serta maksilofasial drg Dhanni Gustiana SpBMM, juga berbicara faktor serupa. Walau belum memunculkan persoalan geraham bungsu yang tumbuh miring sebaiknya segera dicabut pasti seusai sebelumnya berkonsultasi dengan dokter.

"Untuk geraham bungsu, sebaiknya diambil saja. Sebab geraham bungsu itu susah untuk dibersihkan. Penelitian berbicara tanpa geraham bungsu ini manfaat pengunyahan tak terganggu sama sekali," kata dr Dhanni.

"Saya lebih mengusulkan untuk diambil saja. Kecuali kalau berisiko untuk diambil, umpama sebab dekat saraf, maka bakal pakai tutorial lain. Tapi semuanya umumnya butuh pembedahan terlebih dahulu," pungkasnya.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger