Home » , , , , , , , , , , , » Ilmuwan Waspadai Mutasi Virus Flu Burung yang Mengancam Dunia

Ilmuwan Waspadai Mutasi Virus Flu Burung yang Mengancam Dunia

Written By admin on Senin, 19 Juni 2017 | Juni 19, 2017


harian365.com - Wabah flu burung yang terjadi di China membikin ilmuwan mewaspadai terjadinya pandemi global apabila virus mengalami mutasi. Ditengarai, ada tiga mutasi yang apabila terjadi bersamaan dapat mengancam dunia kesehatan global serta membahayakan nyawa manusia.

Wabah flu burung H7N9 di China sekarang telah menginfeksi 779 orang. Dalam pernyataannya awal tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berbicara virus flu burung yang mewabah tahun ini wajib dimonitor dengan ketat sebab performanya bermutasi dengan cara semakin-menerus serta cepat.

Untuk mengantisipasi mutasi tersebut, peneliti dari Scripps Research Institute, California, meneliti H7 hemagglutanin, protein dari virus yang bermanfaat merekatkan virus dengan sel di tubuh inang. 


Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS Pathogens, ada tiga tipe asam amino di dalam virus yang apabila bermutasi, bisa membikin virus lebih mudah merekat pada manusia, jadi risiko infeksi pun menjadi lebih tinggi.

"Penelitian ini bisa menolong kami untuk memonitor risiko yang bisa ditimbulkan dari mewabahnya flu burung, untuk mencegah terjadinya pandemi yang mengancam kesehatan dunia global," papar Fiona Culley dari Imperial College London, dikutip dari Reuters.


Virologis sekaligus ahli flu lainnya, Wendy Barclay, berbicara H7N9 termasuk virus flu burung yang paling berbahaya. Tidak hanya mudah menular ke sesama unggas, H7N9 juga diketahui dapat menginfeksi manusia yang sedang dalam kondisi rentan.

"H7N9 masuk dalam daftar virus yang wajib diwaspadai tahun ini. Terus tak sedikit orang terinfeksi, terus tinggi pula kemungkinan virus mengalami mutasi," tuturnya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger