Home » , , , , , , , , , » Ikuti Arab Saudi, Mesir dan UAE Juga Putus Hubungan dengan Qatar

Ikuti Arab Saudi, Mesir dan UAE Juga Putus Hubungan dengan Qatar

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Pemerintah Uni Emirat Arab serta Mesir juga memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Kedua negara tersebut menuding Qatar mendukung terorisme. Langkah ini diperbuat mengikuti langkah serupa yang diambil pemerintah Arab Saudi serta Mesir.

Keputusan pemutusan hubungan Uni Emirat Arab (UAE) dengan Qatar dilaporkan oleh kantor kabar resmi WAM, semacam dilansir media AFP, Senin (5/6/2017). Pemerintah UAE menuding Qatar, negara tetangga Teluk Arab-nya itu, mendukung ekstremisme serta membahayakan stabilitas nasional.

Pemerintah UAE memberbagi waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk meninggalkan negeri itu, seraya menyatakan "dukungan, pendanaan serta perlindungan teroris, ekstremis serta organisasi-organisasi sektarian oleh pemerintah Qatar."

Senada dengan itu, pemerintah Mesir juga menuding Qatar mendukung terorisme. Tidak hanya memutuskan hubungan diplomatik, Mesir juga memkabarhukan bahwa semua pelabuhan serta bandara Mesir bakal tertutup bagi semua kapal serta pesawat Qatar.

Sebelumnya, pemerintah Saudi serta Bahrain juga memkabarhukan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar. Disebutkan bahwa langkah ini diperbuat dikarenakan "pelanggaran terang-terangan yang diperbuat otoritas di Qatar dalam berbagai tahun terbaru."


Disebutkan sumber resmi Saudi, semua kontak darat, laut serta udara dengan Qatar juga dihentikan. Saudi pun "mendesak semua negara-negara bersaudara serta perusahaan-perusahaan untuk meperbuat faktor yang sama." 

Senada dengan Saudi, pemerintah Bahrain pun menyebutkan memutus hubungan diplomatik dengan Qatar dikarenakan negara itu semakin "menggoyang keamanan serta stabilitas Bahrain serta mencampuri urusan dalam negerinya". Dalam statemen pendek di kantor kabar resmi Bahrain disebutkan, Bahrain, sekutu erat Saudi, juga memutus kontak udara serta laut dengan Qatar. Pemerintah Bahrain pun memberbagi waktu 14 hari bagi warga negaranya di Qatar untuk berangkat dari negeri itu.




Sumber : harianhot


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger