Home » , , , , , , , , , , , » Harus Dilakukan Rutin, Begini Cara Kemoterapi Hadapi Sel-sel Kanker

Harus Dilakukan Rutin, Begini Cara Kemoterapi Hadapi Sel-sel Kanker

Written By admin on Rabu, 14 Juni 2017 | Juni 14, 2017


harian365.com - harian365.com - Salah satu terapi pengobatan yang diberbagi untuk pasien kanker merupakan kemoterapi. Semacam apa ya tutorial kerja kemoterapi hancurkan sel kanker?

Menurut DR dr Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM dari RS Kanker Dharmais, kemoterapi merupakan salah satu dari terapi sistemik yang standar diberbagi pada pasien dengan kanker. 

"Mekanisme kerja kemoterapi itu sendiri merupakan dengan menghancurkan sel dan merusak DNA-nya," ucap dr Nugroho dalam temu media Kalbe di Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2017).

Target pada kemoterapi yakni DNA pada sel yang membelah dengan cepat. Sel kanker jika telah masuk dalam golongan berat sanggup menyebar dalam pembuluh darah, bisa tumbuh lagi (kambuh) dan bisa tumbuh di organ lain atau metastasis.

dr Nugroho juga membahas bahwa dengan cara definisi kemoterapi merupakan terapi dengan memasukkan senyawa kimia tertentu yang mempunyai dua sifat: sitotoksik (toksik kepada sel) dan antineoplasma (menghentikan pembentukan sel baru).


Kemoterapi menyerang ke dalam inti sel dan merusak DNA, dampaknya sel tersebut tak sanggup membelah dan akhirnya bakal mati. Tak sama dengan terapi hormon dan anti-HER2 yang mempunyai sasaran selektif yakni reseptor, obat kemoterapi tak mempunyai reseptor khusus.

Yang menjadi sasaran dari kemoterapi merupakan sel kanker dan sel normal yang juga membelah dengan cepat. Tergolong di antaranya sel rambut, sel saluran pencernaan, bakal sel darah dan lain-lain. Inilah yang menyebabkan kemoterapi tak jarangkali memunculkan 'efek samping' semacam kebotakan.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger