Home » , , , , , , , , , , » Hamil Setelah 'Berjuang' Lawan Kanker Payudara, Amankah?

Hamil Setelah 'Berjuang' Lawan Kanker Payudara, Amankah?

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Hamil seusai melawan kanker payudara bukanlah faktor yang wajib ditakuti. Studi American Society of Clinical Oncology (ASCO) menunjukkan, para pejuang kanker payudara dapat mempunyai bayi tanpa menambah risiko terjangkit kembali.

Studi yang melibatkan lebih dari 1.200 wanita ini menyangkal kekhawatiran pelepasan hormon yang tinggi selagi kehamilan bakal menyebabkan sel kanker laten kembali muncul. Ketakutan ini hadir disebabkan, selagi pengobatan, wanita dengan kanker payudara wajib mengonsumsi obat penghambat estrogen selagi 5-10 tahun untuk proses penyembuhan.


Secara keseluruhan, responden yang diteliti berjumlah 1.207 wanita yang berumur di bawah 50 tahun serta didiagnosis dengan kanker payudara non-metastatik sebelum tahun 2008. Sebagian besar (57 persen) didiagnosis kanker payudara ER-positif, yaitu tipe kanker yang selnya tumbuh dalam hormon estrogen. Dari jumlah yang ada, 333 wanita hamil.

Seusai kurang lebih 10 tahun masa tindak lanjut, tak ada perbedaan signifikan dalam risiko kambuhnya kanker antara wanita yang mempunyai bayi serta yang tidak.


"Dari temuan kita ditemukan, kehamilan seusai kanker payudara bukanlah faktor yang membikin patah semangat, sekalipun untuk kanker ER-Positif," ucap Dr Matteo Lambertini, dari Institut Jules Bordet, selaku ketua penelitian ini.

Sedangkan dikutip dari Reuters, Senin (5/6/2017), ketika memutuskan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menantikan hamil, pasien tetap wajib berkonsultasi terhadap dokter. Faktor ini diperbuat untuk berjaga-jaga dalam menentukan risiko pribadi setiap para pejuang kanker payudara untuk kambuh, khususnya untuk wanita yang tetap membutuhkan terapi hormon ajuvan.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger