Home » , , , , , , , , , , , » Gempa Guncang Bogor dan Sukabumi, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa Guncang Bogor dan Sukabumi, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Written By admin on Senin, 12 Juni 2017 | Juni 12, 2017


harian365.com - Getaran gempa bumi 6,3 SR yang berpusat di dekat Sukabumi, Jawa Barat, dirasakan di berbagai kota besar. Getaran gempa tersebut terasa di Kota Sukabumi, Kabupaten Bogor, Jakarta, Bandung, serta Cianjur.

Di Bandung getaran gempa terasa lumayan kuat dengan durasi waktu 3 hingga 5 detik. Di Bogor, gempa juga sangat kuat serta membikin sebagian warga keluar dari rumah.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, membahas, Posko BNPB sudah mengkonfirmasi akibat gempa ke berbagai BPBD. Dilaporkan gempa dirasakan di berbagai daerah meliputi:

- Gempa dirasakan lumayan kuat/keras di Kota Sukabumi selagi 5-6 detik. Sebagian masyarakat keluar rumah tetapi tak memunculkan kepanikan.
- Gempa dirasakan lumayan keras selagi 3-5 detik di Kabupaten Bogor. Sebagian masyarakat keluar rumah.
- Gempa dirasakan lemah selagi 3 detik Jakarta. Masyarakat yang tinggal di gedung bertingkat merasakan guncangan dengan intensitas sedang. Lampu bergoyang serta perabotan rumah bergetar.
- Gempa dirasakan lumayan kuat di Bandung selagi 3-5 detik. Meja terasa bergetar. Sebagian masyarakat keluar rumah.
- Gempa dirasakan lumayan keras di Kabupaten Sukabumi selagi 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah.
- Gempa juga dirasakan lemah hingga sedang oleh masyarakat di Cianjur, Bekasi, Depok, Kota Bogor, Garut, Kabupaten Bandung.

"Gempa bumi dengan kekuatan 6,3 SR dengan epicentrum di Samudera Hindia cocoknya 179 km barat daya Kota Sukabumi alias 226 km barat daya Bandung alias 253 km barat daya Jakarta pada pukul 06.15 Wib. Pusat gempa pada kedalaman 10 km," ucap Sutopo dalam pesan singkatnya, Senin (12/5/2017).


Sutopo membahas gempa tak berpotensi tsunami tsunami. Dirinya menduga gempa tak memunculkan kerusakan bangunan serta korban jiwa. Guncangan gempa hanya dirasakan tetapi tak merusak. 

"Umumnya bangunan bakal rusak alias ambruk apabila menerima gempa dirasakan di atas VI MMI (skala satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi)," ucapnya. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger