Home » , , , , , , , , , , , , » Gemas! Melihat Lucunya Aksi Panda di Chengdu

Gemas! Melihat Lucunya Aksi Panda di Chengdu

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Kota Chengdu menjadi salah satu favorit traveler ketika berkunjung ke China. Di sana, traveler dapat menonton panda di Chengdu Research Base.

Kurang lebih pukul 8 pagi kami bergerak menuju Stasiun Metro Xinanmen yang letaknya tak jauh dari penginapan. Di seluruh perkotaan di China terdapat metro dan subway, tak mengherankan jika lalu lintasnya tak begitu padat. 

Metro yang kami tumpangi telah hingga di Stasiun Dong Wu Yuan, kami pun turun dan keluar dari stasiun tersebut. Tampak kios kecil berfoto panda dari kejauhan, kami pun berlangsung mendekati. Benar tempat ini adalah tempat penjualan tiket masuk ke tempat budidaya panda. 

Di China, tiket masuk ke sebuahtujuan wisata dibedakan menjadi dua, pelajar alias normal. Saya tak dapat berbohong, sebab mereka meminta kartu pelajar sebagai bukti. 

Beruntungnya ketiga kawanku adalah pelajar dan mengangkat kartu pelajarnya jadi mereka mendapat harga yang miring. Seusai memperoleh tiket kami memasuki shuttle bus yang bakal mengangkat kami ke pintu gerbangnya yang disediakan dengan cara gratis. 

Yang mengejutkan kami, adanya layanan WiFi gratis di dalam bus. Seusai 30 menit mengemudi, bus yang kami tumpangi berhenti dan menurunkan kami. 

Panda adalah fauna yang dilindungi oleh pemerintah China, sebab tergolong spesies fauna langka dan hampir punah. Jadi tak dapat dipelihara dengan cara invidual sebagai binatang peliharaan. 

Pemerintah setempat membikin tempat penelitian dan pelestarian dari pembiakan panda besar. Salah satunya adalah tempat yang kami kunjungi ini, bernama Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding, berlokasi di Kota Chengdu, ibukota provinsi Sichuan. 

Chengdu sendiri adalah salah satu di antara ketiga provinsi di China yang dihuni oleh panda besar dengan total populasi kurang lebih 2.000. Di tempat ini fauna ini dipelihara dengan baik. 

Tidak hanya panda, binatang langka yang lain juga dipelihara di sini, tergolong panda merah. Meskipun bernama panda, tapi bukan dari tipe panda. Dari bentuk fisiknya lebih mirip ke rubah. 

Setidak sedikit puluhan ribu rumpun bambu, semak-semak dan sejumlah besar tanaman telah di budidayakan untuk menyediakan makanan panda dan fauna lain yang berada di tempat ini. 

Pemerintah juga berencana untuk membutuhas area ini guna mempersiapkan panda besar ke alam bebas. Seusai puas menonton beberapa tipe panda dengan atraksinya yang menggemaskan, kami pun bergerak menuju Museum Panda. 


Di sini specimen panda dan fosilnya ditampilkan. Dipamerkan juga lingkungan alamiah mereka di era kuno dan habitat liar mereka yang langka di beberapa pegunungan di China. Jadi kami dapat menonton langsung kenasiban panda di zaman dahulu kala. 

Museum ini memberi edukasi pengunjung mengenai sejarah evolusi panda, penyebaran zaman dulu dan sekarang di alam liar dan kondisi mereka sekarang sebagai spesies yang terancam punah. 

Di tempat ini terdapat juga kantor pos yang menyediakan kartu pos berfoto panda, dan kami dapat mengirimnya langsung ke tujuan. Kartu posnya juga bakal diberi stempel bertanda panda. 

Seusai puas menjelajahi tempat ini, kami pun bergerak menuju pintu exit sebab kami wajib melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya adalah Buddha raksasa yang letaknya kurang lebih 2,5 jam dari Chengdu.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger