Home » , , , , , , , , , , , » Curug Bajing yang Segar dari Pekalongan

Curug Bajing yang Segar dari Pekalongan

Written By admin on Rabu, 14 Juni 2017 | Juni 14, 2017


harian365.com - Pernah dengar mengenai Curug Bajing? Inilah air terjun cantik yang belum ramai turis di Pekalongan.

Apa yang ada di benak kami ketika mendengar kata Curug? Ya, bagi sebagian orang kata Curug terbukti tidak asing lagi di telinga. Curug dalam sebutan orang Jawa adalah suatu  air terjun, alias gugusan air yang jatuh dari sumber mata air alias gunung serta mengalir hingga bermuara di sungai dataran rendah.

Di daerah Jawa Tengah cocoknya di Kabupaten Pekalongan, tersedia objek wisata berbasis konservasi lingkungan serta budaya. Serta salah satu dari tidak sedikit objek wisata yang tidak lebih terekspos adalah Curug Bajing.

Curug Bajing terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Curug inilah yang menjadi tujuan mutlak saya ketika berkunjung ke Pekalongan.Untuk menuju ke Curug Bajing termasuk gampang-gampang susah.

Tetapi apabila telah berpengalaman mungkin bakal berpendapat trek menuju Curug Bajing lumayan mudah. Lokasi wisata ini bisa ditempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Kota Pekalongan. Untuk rute yang ditempuh adalah Kamu bisa mengambil arah Pasar Kecamatan Doro, kemudian ikuti arah menuju kawasan Kecamatan Petungkriyono.

Jalanan menuju Petungkriyono adalah jalanan aspal yang lumayan mulus. Hanya ada berbagai kerusakan kecil di berbagai aspek jalan. Bentuk area Petungkriyono yang berbukit-bukit membikin jalan pun berkelok-kelok serta mempunyai tidak sedikit tikungan tajam.

Sangat tidak disarankan berkendara dengan kecepatan tinggi khususnya yang baru pertama kali mengunjungi daerah ini. Usai menempuh jalanan berkelok-kelok di tahap pedesaan, kami pun memasuki wilayah hutan Petungkriyono dengan jalan yang tetap berkelok-kelok serta penuh dengan tikungan tajam hingga lokasi parkiran.

Setibanya di parkiran, dilanjutkan berlangsung kaki kurang lebih 300 meter hingga hingga ke Curug Bajing yang eksotis. Parkir kendaraan serta anggaran masuk ke objek wisata ini telah dikelola dengan cara swadaya oleh masyarakat setempat dengan baik jadi tidak butuh khawatir mengenai calo alias orang yang memungut anggaran tambahan.

Parkir motor seharga Rp 2.000, mobil Rp 5.000, serta tiket masuk per orang Rp 5.000. Di kurang lebih parkiran ada berbagai warung, toilet serta musala. Tetapi bakal lebih baik apabila mengangkat makanan serta peralatan salat sebab warung hanya menjajakan makanan semacam gorengan, mie instan, serta bakso. 

Di Curug Bajing ini Kamu bisa berburu gambar dari share sudut. Sesekali cobalah mendekat serta mencelupkan kaki ke dalam air sungainya yang jernih serta dingin. Tidak sedikit wisatawan lokal di sana yang datang serta ikut merasakan keindahan serta kesejukan air di curug ini.

Curug Bajing adalah primadona baru tempat wisata di Pekalongan. Pemandangan alam kurang lebih Curug Bajing yang mempunyai ketinggian hingga 75 meter ini sungguh sangat menarik serta sanggup membikin takjub setiap orang yang mendatanginya.


Hal ini sebab Curug Bajing terletak di hutan yang begitu rindang, yaitu cocok di kaki Gunung Rogojembangan alias di daerah pegunungan Petungkriyono yang telah lama populer bakal keasriannya.

Dihadirkan dari hasil penelitian Pemkab Pekalongan, Petungkriyono adalah satu-satunya daerah yang paling asri di Kabupaten Pekalongan dengan tingkat kerindangan hutan lindung 100%. Jadi matahari susah menembus tanah lebih dari 2 jam.

Gabungan geologi serta ekosistem ini terus meningkatkan pesona Curug Bajing yang eksotis. Sebetulnya wilayah kecamatan Petungkriyono ini tetap mempunyai tidak sedikit curug cantik yang bisa dijelajahi. Tetapi, untuk bisa berburu semua curug di Petungkriyono bisa membutuhkan waktu berhari-hari. Apalagi di sana juga ada sumber mata air panas yang belum pernah saya kunjungi juga. Kapan-kapan main ke Pekalongan lagi. Ada yang mau ikut?




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger