Home » , , , , , , , » Cegah Serangan Belalang ke Kota, Pemerintah Diminta Lakukan Monitoring

Cegah Serangan Belalang ke Kota, Pemerintah Diminta Lakukan Monitoring

Written By admin on Senin, 12 Juni 2017 | Juni 12, 2017


harian365.com - Belalang kembara menyerbu Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, Sumba Timur, NTT pada Sabtu (10/6). Serangan belalang tersebut dikualitas pengamat pertanian serta hama IPB, Hermanu Triwidodo sebagai siklus tahunan.

Widodo berkata, siklus serangan belalang kembara ini terbukti terjadi di NTT sebab tak sedikitnya padang rumput. Siklus ini dulu terjadi per 10 tahun sekali. Tetapi, makin ke sini sebab adanya pembukaan lahan sampai perubahan cuaca siklus tersebut menjadi lebih pendek. 

"Itu siklus 10 tahunan, nah makin ke sini terus singkat siklus itu. Jadi ini serangan belalangnya telah menarik. Kalau musim kemarau ini kan panjang makin kemarau panjang makin tak sedikit telur serta di NTT kan musim basahnya rata-rata hanya 2 bulan," ucap Widodo saat diwawancara harianhot, Senin (12/6/2017).

Dia berkata, pihaknya telah sempat mengumumkan ke dinas terkait adanya serangan hama belalang. Dinas terkait juga telah memkabarhu ke pusat. Tetapi dirinya meningkatkankan, kemungkinan besar pemda serta pusat tak meperbuat monitoring jadi serangan belalang ini terjadi.


"Jadi wajib ada monitoring serta ini perlu bantuan pusat. Wajib ada sistem monitoring," ucapnya.

Widodo berkata, untuk mencegah serangan belalang ini bisa memakai pestisida. Tapi dirinya tak menyarankan sebab bisa merusak lingkungan kurang lebih semacam tanaman serta tumbuhan.

"Jadi ke depannya wajib ada evaluasi untuk penanganannya. Kalau telah sepert ini ya sebaiknya tinggal tunggu hujan saja sebab telur mereka ini kan menetas di tanah lembab," ujarnya. 




Sumber : harianhot
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger