Home » , , , , , , , , , , , , » Buat Pria dan Wanita, Perut Buncit Sama-sama Jadi Peringatan Kanker

Buat Pria dan Wanita, Perut Buncit Sama-sama Jadi Peringatan Kanker

Written By admin on Senin, 05 Juni 2017 | Juni 05, 2017


harian365.com - Jangan tenang-tenang saja apabila perut Kamu telah mulai membuncit. Suatu  penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer menyebut perut buncit bisa memicu kanker.

Kesimpulan ini diperoleh peneliti seusai memantau tujuh studi yang melibatkan total 43.000 orang. Dari hasil pengawasan lanjutan 12 Tahun kemudian diperoleh fakta bahwa lebih dari 1.600 partisipan terserang kanker.

Faktanya, orang dengan lingkar pinggang 10 cm di atas rata-rata berisiko terserang kanker, dengan besaran 13 persen. Pada permasalahan kanker tertentu, besaran risikonya bisa tak sama, semisal pada orang yang mempunyai kelebihan lingkar pinggang setidak sedikit 8 cm maka risiko kankernya bisa mencapai 15 persen.

Sekadar info, standar lingkar pinggang yang ideal, baik untuk pria maupun wanita merupakan berkisar 90 cm. Risiko kanker ini juga berlaku untuk pria maupun wanita.

"Bahkan untuk pria, lingkar pinggang kurang lebih 102 cm saja telah menambah risikonya terserang kanker," ungkap peneliti, Heinz Freisling, PhD terhadap The Guardian.

Sedangkan untuk wanita, risiko kankernya timbul pada mereka yang berlingkar pinggang kurang lebih 88 cm.

"Karena lingkar pinggang merupakan penanda mutlak dari obesitas sentral alias tak sedikitnya lemak yang menumpuk di perut. Nah lemak inilah yang dikatakan lebih berbahaya dari lemak lainnya," terangnya.


Penumpukan lemak perut yang berlebihan bisa memicu kanker dalam beberapa cara. Umpama kondisi ini bisa menyebabkan peningkatan kadar insulin serta memicu peradangan kronis, yang lama-kelamaan bisa menumbuhsuburkan munculnya sel-sel kanker.


Di segi lain, Freisling merasa menemukan tutorial mudah untuk memprediksi risiko kanker dari tingkat obesitas seseorang.

"Anda tinggal mengukur lingkar pinggang Kamu dengan meteran. Ini mudah serta Kamu telah dapat tahu risiko apa yang Kamu miliki," pesan Freisling.

Jenis kanker yang dikaitkan dengan obesitas di antaranya kanker usus, kanker kerongkongan bawah, kanker perut, kanker hati, kanker kandung kemih serta kanker ginjal.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger