Home » , , , , , , , , , , » Bertualang ke Tun Sakaran Marine Park di Sempoerna, Malaysia

Bertualang ke Tun Sakaran Marine Park di Sempoerna, Malaysia

Written By admin on Kamis, 15 Juni 2017 | Juni 15, 2017


harian365.com - Tun Sakaran Marine Park adalah atraksi mutlak dari Kota Sempoerna di Negara Tahap Sabah, Malaysia. Traveler pun bisa menonton alam bawah laut hingga Suku Bajo.

Cara menjangkaunya yang terdekat adalah dari Tarakan alias Nunukan, Kalimantan Timur. transportasi yang bisa dipakai adalah dengan pesawat terbang alias kapal ferry cepat.

Apa daya tarik mutlak Tun Sakaran Marine Park? Point of View nya adalah Perkampungan Suku Bajo Laut di atas air, Puncak Bukit Bohey Dulang serta Pulau Sipadan yang populer sebab direnggut Malaysia dari kedaulatan NKRI. 

Tun Sakaran Marine Park adalah pusat penyelaman yang populer di dunia. Point utamanya adalah Pulau Sipadan yang adalah pulau termahal untuk anggaran diving & snorkelingnya.

Menurut pendapat saya, kalau cuma snorkelling saja sangat disayangkan. Lagipula terumbu karangnya tak ada yang sertagkal, tak bisa menyelam sembarangan kalau tak mau ditangkap oleh tentara militer alias penjaga konservasi pulau. 

Tetapi kalau anda suka pemandangan alam landscape yang indah, maka siapkan kamera SLR mu, di sini adalah tempat yang cocok.

Bagaimana rute yang harus dilalui untuk menuju Tun Sakaran Marine Park?
Jalur trip yang saya lewati adalah, Balikpapan - Tarakan - Tawau - Sempoerna - Tun Sakaran Marine Park.

Moda transportasi yang saya gunakan adalah Balikpapan ke Tarakan dengan naik Pesawat. Dari Tarakan ke Tawau, naik Kapal Ferry Cepat. Dari Tawau ke Sempoerna, naik taksi gelap. 

Kami pergi pukul 09.00 WITA dari imigrasi pelabuhan Kota Tarakan hingga hingga di Kota Sempoerna pukul 05.00 sore waktu setempat. Begitu hingga di Kota Sempoerna, suasananya santai serta tak sedikit turis mancanegara berlalu-lalang.

Bangunan resort serta cottage tak sedikit didirikan di sepanjang pesisir kota Sempoerna. arsitektur bangunannya pun mirip dengan resort & cottage di Kepulauan Derawan serta Maratua di Kalimantan Timur. 

Di pusat wisatawan, tak sedikit hotel, penginapan, asrama backpacker, resort & cottage. tidak hanya ditunjang akomodasi yang lengkap untuk beberapa budget, kantor organizer trip juga tak sedikit. Sehingga kami tak butuh bimbang mencari open trip. 

Semua paket diving, snorkeling serta hopping islands telah terdapat lengkap. pelayanan wisata sangat baik dengan transportasi yang sangat keren serta memenuhi standar keamanan. 

Jadi berwisata ke Tun Sakaran Marine Park, sangat memanjakan mata baik daratan maupun keindahan bawah lautnya. pariwasata dikelola dengan cara baik serta profesional.
berikut objek wisata yang harus dikunjungi di Tun Sakaran Marine Park :

1. Pulau Bohey Dulang. Di sini ada pusat penangkaran kerang kima, bird watching, hiking menuju titik pandang puncak Pulau yang menampilkan pemandangan indah rangkaian Gunung Vulkanik.

Di sini, kegiatan snorkeling dilarang serta wisatawan yang hiking menuju puncak pulau diharuskan menggunakan sepatu untuk menghindari gigitan ular.

2. Perkampungan suku Bajau Laut yang terdapat di kurang lebih Pulau Bodgaya, Bohey Dulang, Maiga, Sibuan, Mantabuan di Rumit Tun Sakaran Marine Park.


3. Pulau Mabul. Pulau ini mirip semacam Pulau Derawan serta Maratua. Di sini tak sedikit resort, water villa serta cottage. pulau ini adalah pusat diving yang rutin ramai wisatawan. ada juga Oil Rig yang diubah menjadi Hotel unik yaitu Sea Ventures hotel rig.

4. Pulau Sipadan. Pulau ini menjadi surga bagi dunia Diving. pulau ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang legenda di dunia Diving yaitu Jacques Costeau. Pulau ini mempunyai keindahan bawah laut yang mengajak decak kagum. oleh sebab itu paling tak jarang masuk di Natinal Geographic Chanel, Animal Planet, Discovery Chanel, dll.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger