Home » , , , , , , , , , » Berkuda dan Dengarkan Musik Bisa Bantu Pasien Stroke Pulih Lebih Cepat

Berkuda dan Dengarkan Musik Bisa Bantu Pasien Stroke Pulih Lebih Cepat

Written By admin on Senin, 19 Juni 2017 | Juni 19, 2017


harian365.com - Sebuah studi terakhir dari Swedia menyebut mendengarkan musik serta olahraga berkuda sanggup menolong pasien stroke pulih lebih cepat. Kegunaaan dua faktor ini bahkan dirasakan oleh pasien stroke yang telah bertahun-tahun.

dr Michael Nilsson dari University of Gothenburg, Swedia meperbuat penelitian terhadap 123 pasien stroke asal Swedia. Partisipan diminta untuk mengikuti terapi dengan olahraga berkuda serta mendengarkan musik selagi 12 minggu.

Hasil penelitian menyebut 56 persen partisipan yang mengikuti terapi berkuda mengaku mempunyai kondisi yang lebih baik. Sementara itu, mereka yang meperbuat terapi musik 38 persennya juga merasakan faktor yang sama.


Di segi lain, hanya 17 persen dari kelompok kontrol yang tak meperbuat terapi berkuda serta musik yang mengalami pembetulan keadaan. Perasaan ini bersi kukuh sampai lebih dari 6 bulan sejak beresnya masa studi.

"Bagi sejumlah besar pasien stroke, sangat tak etis apabila dokter berbicara tak ada yang dapat diperbuat walau telah lebih dari satu tahun mengidap stroke. Perkataan tersebut dapat membunuh motivasi mereka untuk meperbuat rehabilitasi lanjutan," tutur Nilsson, dikutip dari Reuters.


Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Stroke ini, peneliti menduga aktivitas fisik dari berkuda serta mendengarkan musik yang membikin para partisipan merasa lebih baik. Dengan perasaan yang lebih baik, para partisipan pun lebih semangat untuk menjalani terapi sampai beres.

Dr Sertaiel Lackland, profesor epidemiologi serta neurologi dari Medical University of South Carolina, berbicara hasil penelitian ini sangat luar biasa. Walau begitu, butuh dicatat bahwa merasa lebih baik tak berhubungan dengan kemajuan terapi.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger