Home » , , , , , , , , » Balon Udara dan Kepadatan Lalin Udara Jawa Nomor 5 di Dunia

Balon Udara dan Kepadatan Lalin Udara Jawa Nomor 5 di Dunia

Written By admin on Rabu, 28 Juni 2017 | Juni 28, 2017


harian365.com - AirNav menerima 33 laporan dari para Pilot terkait adanya balon udara di langit Jawa Tengah. Balon-balon udara tersebut dikhawatirkan bakal mengganggu perjalanan penerbangan. 

Apalagi, lalu lintas udara di wilayah Jawa tergolong yang sangat padat. AirNav mencatat kepadatannya nomor lima di dunia. 

"Pulau Jawa, adalah lintasan padat lalu lintas penerbangan, baik domestik maupun internasional.
Lintasan nomor 5 terpadat di dunia," kata Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono saat dihubungi, Rabu (28/6/2017). 

"Penerbangan internasional dari Asia Timur maupun Asia Tenggara yang ke Australia serta sebaliknya, tentu melintas diatas Pulau Jawa. Penerbangan domestik dari wilayah Sumatera, Jakarta, serta penerbangan internasional yang mendarat di Jawa, serta Bali, bakal terancam balon udara," jelasnya. 


Wisnu membahas, penerbangan balon udara bukan dilarang. Hanya saja peluncurannya wajib dikelola dengan baik. 

"Supaya tradisi masyarakat tak ancam keselamatan penerbangan. Tradisi Masyarakat adalah ekspresi kreativitas serta kearifan lokal yang butuh dilestarikan, namun jgn. hingga ancam keselamatan penerbangan," tutur Wisnu. 


Sejak mendapat laporan pertama pada 25 Juni, saat ini telah ada 33 laporan yang masuk ke AirNav terkait dengan balon udara di langit Jawa Tengah (Jateng). Laporan-laporan tersebut disampaikan oleh pilot. 

"Kami terima (laporan) dari pilot. Semuanya dari pilot. Malah ini ada helikopter di Solo lapor juga. Lapor pada ketinggian 3.000 kaki kira-kira, ketemu dirinya (balon) itu. Itu daerah Ponorogo," jelas Wisnu. 

AirNav menerima 9 laporan pada 25 Juni, 11 laporan pada 26 Juni, serta 13 laporan pada 27 Juni. Ketinggian yang dilaporkan dari 3.000 hingga 40.000 kaki. 




Sumber : harianhot\

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger