Home » , , , , , , , , , , , , » Asal Rajin Olahraga, Gemuk pun Bisa Tetap Sehat Sampai Lanjut Usia

Asal Rajin Olahraga, Gemuk pun Bisa Tetap Sehat Sampai Lanjut Usia

Written By admin on Sabtu, 03 Juni 2017 | Juni 03, 2017


harian365.com - Olahraga terbukti mempunyai tak sedikit kegunaaan untuk kesehatan tubuh. Terbukti dari suatu  penelitian ilmuan Belanda bahwa olahraga bisa mengurangi risiko serangan jantung alias stroke, terlepas dari indeks massa tubuh seseorang.

Penelitian tersebut memakai catatan kesehatan 5.300 orang yang berumur lebih dari 55 tahun, serta mengikutinya selagi 15 tahun. Para ilmuan memperoleh hasil bahwa orang yang kelebihan berat badan (obesitas) serta tak aktif bergerak bakal cenderung tiga kali lebih mungkin terkena serangan jantung, kardiovaskular alias stroke dari pada orang yang aktif bergerak.

"Dalam keseluruhan populasi, kita menemukan bahwa orang yang beraktivitas fisik terlindungi dari risiko kardiovaskular," tutur Dr Klodian Dhana dari Pusat Kesehatan Universitas Erasmus di Rotterdam, semacam dikutip dari Dailymail.

Obesitas melukai tubuh melewati jaringan lemak (adiposa), yang mempercepat penggumpalan pembuluh darah mutlak serta menambah risiko kardiovaskular. Aktivitas fisik diperkirakan bisa menurunkan bahaya penggumpalan darah dengan mengurangi plak berbulu yang melapisi pembuluh darah.

Aktivitas fisik yang bisa diperbuat tak hanya olahraga semacam berlari, berenang, alias pun olahraga berat yang lainnya. Tetapi aktivitas rumah tangga yang bisa diperbuat semua orang juga bisa menolong menurunkan risiko terkena serangan jantung, kardiovaskular, ataupun penyakit berbahaya lainnya.

Tidak sedikit kegunaaan yang didapat dari bergerak aktif untuk mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, berikut yang dikutip dari circ.ahajournals.org yaitu menambah toleransi dalam latihan, mengurangi berat badan, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol jahat, menambah kolesterol baik, serta menambah sensitivitas insulin.


"Beraktivitas tentu keren, berapapun indeks massa tubuh Anda. Tapi mempunyai obesitas juga membikinnya susah untuk bergerak," tambah Profesor Naveed Sattar, seorang pakar kedokteran metabolik di University of Glasgow yang dikutip dari Dailymail.

Tidak jarang sekali dijumpai orang yang mengalami obesitas cenderung malas untuk bergerak. Apabila ini terjadi pada usia lanjut, maka risiko terkena penyakit bakal meningkat. Maka sangat penting sekali untuk menerapkan pola nasib sehat, dengan menjaga pola makan serta berolahraga.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger