Home » , , , , , , , , , , , » Akibat Konflik Berkepanjangan, Kasus Polio Baru Bermunculan di Suriah

Akibat Konflik Berkepanjangan, Kasus Polio Baru Bermunculan di Suriah

Written By admin on Kamis, 22 Juni 2017 | Juni 22, 2017


harian365.com - Menurut laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 15 permasalahan penyakit polio baru yang timbul di Suriah. Salah satu permasalahan polio tersebut diketahui terjadi pada seorang anak dari kota Raqqa yang sekarang menjadi lokasi markas milisi ISIS.

Menurut WHO kemunculan polio terjadi sebab petugas kesehatan tak dapat memvaksinasi orang-orang di Raqqa serta kurang lebihnya sebab terkendala oleh konflik. Dampaknya awal bulan Juni lalu polio timbul serta faktor ini adalah permasalahan pertama di Suriah sejak tahun 2014 lalu saat polio dianggap telah sukses dieliminasi.


Dalam sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), juru bicara WHO Tarik Jasarevic berbicara ada kekhawatiran konflik berkepanjangan di Suriah bakal membangkitkan penyakit-penyakit yang sewajibnya telah musnah.

"Kami sangat khawatir, sebab kalau telah ada satu anak saja kena polio hingga lumpuh itu berarti telah terjadi wabah. Sebab dari satu anak yang lumpuh itu dapat ada 200 permasalahan lain yang asimtomatik (tak terdeteksi gejalanya -red) jadi sangat mungkin untuk virus telah beredar," kata Tarik semacam dikutip dari Reuters, Kamis (22/6/2017).


WHO tetap meperbuat pekualitasan apakah terbukti polio di Raqqa telah tak sedikit beredar alias pasien kebetulan ditemukan di sana tapi terinfeksinya dari tempat lain.

Hingga sekarang diketahui ada 17 anak di Suriah yang lumpuh oleh polio sejak gejala pertama kali dilaporkan pada periode Maret-Mei. Mengapa kemunculan polionya sendiri dikonfirmasi akhir-akhir sebab perlu waktu 6-8 minggu untuk virus ini mulai menunjukkan kerusakan serius.

Supaya polio tak menyebar lebih jauh, menurut Tariq WHO berencana untuk meperbuat vaksinasi pada 320 ribu anak usia lima tahun ke bawah di kota Deir ez-Zor serta 90 ribu anak di kota Mayadin.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger