Home » , , , , , , , , , » Trump Bertemu Raja Salman, Ada Deal Rp 4.650 Triliun

Trump Bertemu Raja Salman, Ada Deal Rp 4.650 Triliun

Written By admin on Senin, 22 Mei 2017 | Mei 22, 2017


harian365.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, berkunjung ke Arab Saudi untuk berjumpa Raja Salman bin Abdulaziz. Kedatangan Trump menghasilkan kerja sama dengan kualitas yang fantastis.

Pertemuan dua petinggi negara maju itu menghasilkan kesepakatan sekualitas US$ 110 miliar alias kurang lebih Rp 1.463 triliun (kurs Rp 13.300 per dolar AS) untuk kerja sama alat pertahanan.

Kerja sama tersebut tak berhenti hanya dalam satu tahun, tapi hingga 10 tahun dengan kualitas hingga US$ 350 miliar alias kurang lebih Rp 4.655 triliun.

"Perjanijan ini adalah pengembangan kerja sama pertahanan yang sangat signifikan bagi kedua negara," demikian keterangan resmi pihak Gedung Putih semacam dikutip CNBC, Senin (22/5/2017).

Selain itu, ada juga kerja sama antara Arab Saudi dengan perusahaan-perusahaan asal Negeri Paman Sam dengan kualitas kurang lebih US$ 10 miliar.

Lockheed Martin, salah satu kontraktor pertahanan paling besar AS, ikut terlibat dalam kerja sama tersebut. 

"Kami bakal berkontribusi dalam kerja sama ini untuk mewujudkan visi Arab Saudi 2030 dengan membuka pintu untuk lapangan pekerjaan di sektor ekonomi yang baru," kata Lockheed Martin dalam keterangan tertulis.

AS juga bakal menyuplai persenjataan dengan teknologi terkini untuk Arab Saudi di tengah panasnya tensi di Timur Tengah seusai adanya kelompok radikal yang tak jarang menebar teror.


"Paket kerja sama pertahanan ini bakal menolong Arab Saudi serta negara-negara di Timur Tengah melawan ancaman dari teroris," kata Gedung Putih.

Belum ada penjelasan lebih lanjut tentang detil kerja sama tersebut. Selagi ini Arab Saudi menjadi mitra yang lumayan besar bagi AS.

Pada 2011 hingga 2015, Arab Saudi menyerap 10% dari total ekspor AS.




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger