Home » , , , , , , , , , , » Kebersihan Tak Dijaga, Penyakit Ini Bisa Menyerang Saat Menstruasi

Kebersihan Tak Dijaga, Penyakit Ini Bisa Menyerang Saat Menstruasi

Written By admin on Sabtu, 27 Mei 2017 | Mei 27, 2017


harian365.com - Menstruasi merupakan momen fisiologis yang dialami oleh setiap perempuan di seluruh dunia. Walau menstruasi merupakan faktor yang normal terjadi tetapi bukan berarti dapat disepelekan.

Dijelaskan oleh dr Frida Soesanti, SpA(K), dari Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa bila higiene saat menstruasi tidak dijaga ada beberapa risiko penyakit yang mengintai. Salah satunya merupakan risiko infeksi.

"Yang butuh diketahui kalau kami menstruasi itu kan ada darah. Dibiarkan lama darah itu tempat terbaik untuk kuman tumbuh," kata dr Frida.

"Di kulit kami telah ada kuman yang begitu makin lembap, sebab ada darah menstruasi, kalau higiene tidak dijaga dengan keren bakal sehingga infeksi. Dapat jamuran itu yang paling tidak jarang tuh kalau telah mulai gatal-gatal," lanjut dr Frida dalam temu media Hari Kebersihan Menstruasi Dunia di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2017).

Permasalahan infeksi yang berbahaya merupakan bila kuman menyebar ke dalam tubuh. Pada beberapa permasalahan diketahui infeksi dari vagina dapat ke tahap atas menyerang saluran kemih sampai ginjal.


Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan, dr Eni Gustina, MPH, meningkatkankan tidak hanya itu risiko terjadinya kematian bunda serta kanker serviks juga dapat dihubungkan dengan higiene menstruasi yang tidak terjaga.

"Bagaimanapun kebersihan menstruasi sangat penting. Salah satu penyebab terjadinya kematian bunda alias kanker serviks merupakan sebab infeksi serta ini dapat terjadi saat menstruasi," pungkas dr Eni.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger