Home » , , , , , , , , , , , » Kapan Harus Olahraga, Menjelang Buka atau Sehabis Sahur?

Kapan Harus Olahraga, Menjelang Buka atau Sehabis Sahur?

Written By admin on Senin, 29 Mei 2017 | Mei 29, 2017


harian365.com - Memilih waktu yang cocok untuk olahraga saat sedang berpuasa pada bulan Ramadan terbukti agak dilematis. Meperbuatnya di pagi hari, sore alias malam hari, masing-masing punya plus minusnya sendiri.

Di pagi hari, udara tetap segar serta tenaga tetap prima sebab baru saja makan sahur. Namun setelahnya, ada risiko kelelahan serta bahkan dehidrasi apabila intensitasnya berlebihan. Sedangkan di sore hari, tubuh tentu sedang lemas-lemasnya untuk diajak bergerak. Bagaimana sebaiknya mengatur waktu yang cocok?

Menurut praktisi kesehatan olahraga, dr Michael Triangto, SpKO opsi waktu yang cocok untuk olahraga saat puasa bisa ditentukan berdasarkan intensitas serta tujuannya. Intensitas yang dimaksud merupakan berat alias ringannya olahraga yang diperbuat.

Olahraga bisa diperbuat di pagi hari apabila berfungsi untuk membikin badan tetap bugar serta menambah metabolisme tubuh. Tapi butuh diingat, di pagi hari tak dianjurkan meperbuat olahraga yang berat, lumayan yang ringan saja.


Berat alias ringannya intensitas olahraga bisa dilihat dari denyut jantung saat beraktivitas. Bisa juga dengan tutorial yang lebih mudah yakni tes bicara. Apabila seseorang tetap bisa berolahraga sambil ngobrol, bisa dikatakan intensitasnya ringan. Sebaliknya apabila napas hingga tersengal-sengal serta sulit berbicara, tandanya intensitas olahraganya lumayan tinggi.

Kelebihan lain dari olahraga di pagi hari seusai sahur merupakan bisa diperbuat bersama keluarga. "Nah itu kan ada waktu bersama dengan keluarga, kitanya sehat, keluarga lebih dekat," ucap dr Michael, yang juga mengasuh rubrik konsultasi kesehatan di 


Olahraga juga bisa diperbuat di sore hari, sebelum berbuka puasa sambil ngabuburit. Nah olahraga pada waktu ini biasanya diperbuat oleh orang yang terbukti telah terbiasa meperbuat olahraga selalu dengan intesitas sedang.

"Pada saat itu mungkin saja menjadi haus, menjadi lapar, tapi tak persoalan sebab seusai itu kan berbuka," tambah dr Michael saat dihubungi harianhealth baru-baru ini.

Terbaru, olahraga juga bisa di perbuat pada malam hari seusai salat Tarawih. Biasanya olahraga pada malam hari diperbuat oleh para atlet yang terbukti dikhususkan pada latihan yang lumayan berat.

Nah telah tau kan kapan waktu yang tepat untuk kalian berolahraga? Ayo bergerak, jangan jadikan puasa sebagai penghalang untuk nasib lebih sehat.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger