Home » , , , , , , , , » Jam Kerja PNS Berkurang 1 Jam Selama Bulan Puasa

Jam Kerja PNS Berkurang 1 Jam Selama Bulan Puasa

Written By admin on Senin, 29 Mei 2017 | Mei 29, 2017


harian365.com - Memasuki bulan Ramadan, waktu kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) bertidak lebih satu jam dari hari biasa. Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran yang sudah disebar terhadap seluruh instansi pemerintahan baik di pusat maupun daerah.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, serta Info Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman berkata, para aparatur sipil negara yang tadinya bekerja selagi 7,5 jam pada hari biasa, bakal pulang satu jam lebih awal di bulan puasa ini, jadi total selagi seminggu jam kerja dipangkas sebesar 5 jam.

"Jadi jam kerja selagi bulan Ramadan bertidak lebih satu jam per hari, berarti 5 jam per minggu. Kalau sebelumnya jam kerja per hari 7,5 jam atau per bulannya 37,5 jam, apabila selagi bulan puasa itu per harinya jadi 6,5 jam atau per minggunya 32,5 jam. Kelak untuk teknis mulainya dari jam 8 pagi, ada yang 5 hari serta 6 hari, ada waktu istirahatnya," katanya terhadap harianhot saat dihubungi di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Adapun surat edaran tersebut mulai berlaku pada kali ini. Herman membahas, ketentuan ini tak mengalami perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya atau sama. Walau jam kerja bertidak lebih, PNS diinginkan dapat masih memberbagi pelayanan yang optimal terhadap masyarakat, terutama yang ada di Rumah Sakit, Puskesmas, Kepolisian, hingga Pemadam Kebakaran.


"Umpama bagaimana instansi meperbuat pengaturan teknis, itu diserahkan terhadap ceo instansi. Yang jelas pelayanan publik jangan hingga ada yang hilang atau bertidak lebih. Kan dapat memakai sistem shift atau bergilir, jadi publik masih terlayani dengan baik mesikipun kini lagi bulan puasa. Terutama untuk RS, Puskesmas, kantor Polisi, pemadam kebakaran," tutur dia.

"Jadi harapannya nilai pelayanan publik masih optimal. Jam kerja bertidak lebih, tapi pelayanan masih optimal. Kinerja birokrasi, diinginkan justru di bulan puasa ini lebih meningkat," tukasnya. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger