Home » , , , , , , , , , » Ini Alasannya Anda Tidak Disarankan Langsung Tidur Usai Sahur

Ini Alasannya Anda Tidak Disarankan Langsung Tidur Usai Sahur

Written By admin on Sabtu, 27 Mei 2017 | Mei 27, 2017


harian365.com - Berbagai saat seusai usai makan sahur, mungkin Kamu merasa mengantuk. Tapi seusai berakhir makan sahur, Kamu tak dianjurkan untuk langsung tidur. Ini alasannya.

"Ada sebagian orang Muslim yang langsung tidur seusai sahur. Faktor ini bisa menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan persoalan pada saluran cerna atas mereka," terang Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, konsultan penyakit lambung serta pencernaan dari FKUI/RSCM dalam keterangan tertulis yang dikirimkan Philips Indonesia.

Kebiasaan langsung tidur usai makan sahur inilah yang berpotensi menyebabkan munculnya refluks asam lambung. Sebetulnya ini bukan penyakit yang dengan cara langsung mengdampakkan kematian, bakal namun butuh diingat bisa memunculkan tak sedikit komplikasi.

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah penyakit pencernaan yang paling umum terjadi di dunia. Disebutkan 10-20 persen populasi orang dewasa mengalami faktor ini.

dr Ari berbicara apabila seseorang tak lebih tidur jadi ingin tidur seusai makan sahur, maka sebaiknya diperbuat lebih dari dua jam seusai makan. 

Lalu bagaimana gejala GERD? Kata dr Ari, gejala khas dari GERD adalah rasa panas di dada semacam terbakar serta ada sesuatu yang balik arah semacam ada yang mengganjal. Faktor ini disebut juga sebagai heartburn. Nah, heartburn yang berhubungan dengan GERD umumnya dialami seusai makan. 


Selain itu, suara serak, radang tenggorokan, batuk kering kronis khususnya pada malam hari juga menjadi gejala GERD lainnya. Tidak hanya itu ketika GERD melanda kerap kali menyebabkan peningkatan air liur mendadak, aroma mulut, sakit telinga serta nyeri dada.

"Memasuki Ramadan, kita ingin menambah kesadaran bakal penyakit yang tampaknya biasa ini, tetapi apabila tak ditangani dengan benar, dapat berdampak fatal," ucap Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia sembari menegaskan pihaknya mendukung masyarakat untuk menyiapkan makanan sehat dengan tutorial yang mudah serta praktis tetapi masih sehat.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger