Fakta Tentang Bakteri yang Ada di Uang Kertas

Written By admin on Senin, 22 Mei 2017 | Mei 22, 2017


harian365.com - Kerap berpindah-pindah tangan membikin uang menjadi salah satu benda yang dianggap paling berkuman. Maka dari itu, Kamu butuh cuci tangan seusai menyentuhnya.

Semacam dikutip dari Men's Health, penelitian baru-baru ini mengungkapkan semacam apa fakta kondisi kuman serta bakteri yang ada di uang kertas. Penelitian ini sendiri diperbuat di Hong Kong.

Peneliti Jun Li, PhD serta rekan-rekannya mengumpulkan sampel berbagai lembar uang kertas. Tidak hanya itu, mereka juga mengumpulkan sampel bakteri dari tangan orang, udara di stasiun serta air minum.


Seusai menganalisis sampel, para peneliti menemukan bahwa uang kertas sangatlah mengandung bakteri. Bahkan jumlah bakterinya jauh lebih tak sedikit dibandingkan beberapa sampel area yang diuji. 

Tak cuma itu, yang mengejutkan adalah penemuan bahwa 36 persen dari bakteri yang ditemukan berpotensi patogen. Ini berarti itu adalah jenis-jenis bakteri yang bisa membikin Kamu jatuh sakit. Tergolong di antaranya bakteri E.coli serta Clostridium difficile.


Kesimpulan lainnya juga menemukan bahwa persentase bakteri resisten antibiotik dengan cara signifikan lebih tinggi pada uang kertas, dibandingkan pada sampel lainnya.

"Singkatnya, uang kertas bisa bertindak sebagai media yang 'menyerap' bakteri untuk kemudian disebarkan ke lingkungan lainnya," tutur Li.

Kontaminasi bakteri di lembaran uang kertas ini disebutkan bisa berasal dari beberapa tempat, salah satunya dari udara, sentuhan permukaan benda, hingga dari tangan-tangan yang memegangnya. Maka dari itu, peneliti sangat mengusulkan Kamu untuk rutin mencuci tangan seusai memegang uang. 




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger