Home » , , , , , , , , , , » Cara Tepat Olah Kolang-kaling Agar Gizinya Tak Hilang

Cara Tepat Olah Kolang-kaling Agar Gizinya Tak Hilang

Written By admin on Rabu, 24 Mei 2017 | Mei 24, 2017


harian365.com - Meski tidak dapat menyembuhkan saraf terjepit, kolang-kaling masih sehingga menu terkenal pada bulan Ramadan. Hati-hati ya, salah mengolah dapat menghapus gizinya.

Menurut nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD kolang-kaling terbukti mempunyai nutrisi tertentu yang berguna bagi tubuh. Tidak hanya tinggi kadar air, kolang-kaling juga tinggi bakal kandungan karbohidrat, serat, multivitamin, mineral serta fitonutrisi.

Tetapi demikian, apabila diolah dengan cara berlebihan, umpama dengan meningkatkankan gula serta sirup terlalu tidak sedikit, maka kegunaaan tersebut dapat menjadi bertidak lebih. Karena yang dirasakan hanya rasa manis saja.

Tergolong pada bulan Ramadan, seusai seharian berpuasa, apabila ingin mengonsumsi kolang-kaling di waktu berbuka maka sebaiknya hindari juga meperbuat penambahan gula serta sirup terlalu tidak sedikit. Apalagi hingga warna kolang-kaling berubah.

"Boleh (tambah gula -red), asal jangan berlebihan. Gula tidak berbahaya selagi tidak dikonsumsi berlebih. Habis puasa kan gula darah rendah, sehingga aman saja makan kolak serta es buah sebetulnya. Apapun yang berlebih tidak baik," tutur Jansen terhadap harianhealth.


Hal serupa juga disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, DR dr Saptawati Bardosono, SpGK, MSc alias yang bersahabat disapa dr Tati. Terhadap detikHealth, ia membahas bahwa untuk memperoleh kegunaaan dari konsumsi kolang-kaling tanpa menghapus nutrisinya, maka tutorial pengolahan yang terbaik merupakan direbus.

"Supaya kandungan di dalamnya tidak bertidak lebih serta berguna untuk tubuh, kolang-kaling diolah dengan tutorial merebusnya saja. Boleh diberi gula supaya enak dimakan," pesan dr Tati.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger