Home » , , , , , , , , , » 84 Rumah Adat di Baduy Luar Lebak Habis Terbakar

84 Rumah Adat di Baduy Luar Lebak Habis Terbakar

Written By admin on Rabu, 24 Mei 2017 | Mei 24, 2017


harian365.com - Setidak sedikit 84 rumah budaya milik warga Baduy Luar, Kampung Cisaban RT 02 RW 06, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten, habis terbakar. Dampaknya kurang lebih 105 kepala keluarga wajib mengungsi ke kampung-kampung di kurang lebihnya.

"84 rumah yang habis terbakar. Sementara orang-orangnya tetap pada bingung. Semakin kami kasihan belum bisa nanya-nanya. Baru bisa info itu yang terbakar rumahnya," kata Sarpin dari Kasi Pemerintahan Desa Kanekes terhadap harianhot, Rabu (24/5/2017).

Sarpin yang sekarang tetap berada di kampung Cisaban mengabarkan rumah di kampung tersebut hangus terbakar dengan cara keseluruhan. Ada tenda darurat yang dipakai untuk penduduk yang ingin mengungsi. Tapi sebagian besar warga mengungsi ke kampung-kampung lain yang tetap di kawasan Baduy Luar.

"Pokoknya rumah hangus semuanya," tegas Sarpin.

Untungnya, ia juga berbicara tak ada korban jiwa dampak kebakaran yang menganguskan 84 pemukiman Baduy tersebut. "Hanya ada satu korban luka ringan," ucapnya.

Tetapi, tidak hanya rumah, Sarpin serta tim dari pengurus desa Kanekes tetap meperbuat pendataan terkait terbakarnya lumbung padi milik warga. Diperkirakan ada 200 an leuit (lumbung) yang terbakar serta sekarang tetap belum padam sebab tetap terbakar.

"Informasinya kurang lebih 200an tapi seksamanya tetap belum ngitung. Pada tetap panas leuit (lumbung) juga terbakar. Kami juga tetap belum ngobrol," tandas Sarpin.


Sarpin berbicara sekarang pihak kepolisian Polres Lebak serta BPBD telah mulai berdatangan ke lokasi Kampung Cisaban Baduy Luar. Lokasi Kampung Cisaban kurang lebih 20 kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger.

Tetapi Cisaban bisa ditempuh dari arah Muncang, di kecamatan lain sebab lokasinya berbatasan dengan kecamatan Sobang.

Suku Baduy adalah suku budaya yang menempati tak lebih lebih 5.136,8 hektar lahan hak ulayat di pegunungan daerah Lebak. Rumah suku budaya ini berbentuk sederhana dari kayu serta berdindingkan bambu serta beratap rumbia. Sekarang tak lebih lebih ada 65 kampung tergolong Baduy Dalam serta Baduy Luar yang menempati Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger