Home » , , , , , , , , , » Di KTT IORA, Jokowi Bicara Illegal Fishing hingga Sampah Plastik

Di KTT IORA, Jokowi Bicara Illegal Fishing hingga Sampah Plastik

Written By admin on Selasa, 07 Maret 2017 | Maret 07, 2017


harian365.com - Presiden Jokowi menekankan terhadap para negara peserta KTT IORA untuk semakin menjaga lingkungan. Dirinya juga membahas sejak dirinya menjabat sudah menerapkan pogram penindakan tegas terhadap kejahatan lingkungan, salah satunya illegal fishing. 

"Lingkungan nasib juga adalah suatu  urusan yang memerlukan perhatian dengan cara mendesak," ucap Jokowi pada pidato pembukaan Pertemuan Kepala Negara KTT IORA 2017, di JCC Senayan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (7/3/2017). 

KTT IORA adalah kumpulan negara-negara yang terletak di Samudera Hindia. Menurut Jokowi, tiap negara punya peran penting menjaga lingkungan.

"Saya menjabat tahun 2015, pemerintah saya menerapkan program penindakan tegas kepada praktik-praktik illegal fishing," lanjutnya. 

Dirinya juga berbicara sudah mengambil langkah konkret untuk mengurangi kebakaran hutan serta lahan gambut. 

"Dan sudah mengambil langkah konkret untuk mengurangi kebakaran hutan, kebakaran lahan gambut yang setiap tahun mencemari udara dengan asap serta kabut," ujarnya.

Jokowi juga bicara soal Sampah plastik yang terus tak sedikit masuk ke lautan Indonesia. Dirinya berharap supaya persoalan sampah plastik ini bisa segera ditangani.

"Tetapi urusan lingkungan ini rasanya hanya terus mendesak. Adat yang lazim di tak sedikit komunitas kami membakar sampah di udara terbuka menciptakan polusi udara yang sebetulnya amat kurang baik untuk kesehatan masyarakat. Sampah-sampah plastik masuk ke lautan kami setiap tahun dalam jumlah yang dahsyat serta rasanya jumlah itu bakal terus bertambah," ujarnya. 


Di akhir sambutannya, Jokowi berharap KTT IORA terus menghasilkan solusi-solusi bagi kelestarian lingkungan. Dirinya juga berharap supaya para menteri terus memberbagi solusi dalam menciptakan kelestarian lingkungan.

"Saya ingin mengungkapkan penghargaan saya atas upaya beberapa forum di bawah naungan IORA, memprakarsai solusi-solusi praktis atas tantangan yang nyata saat ini, serta saya imbau supaya menteri serta pejabat kami terus mendorong solusi-solusi praktis serta kami semua pastinya memperjuangkan kepentingan kami masing-masing," tutup Jokowi. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger