Home » , , , , , , , , , , , , » Bancakan, Tradisi Makan Bersama Masyarakat Jawa Barat

Bancakan, Tradisi Makan Bersama Masyarakat Jawa Barat

Written By admin on Selasa, 28 Maret 2017 | Maret 28, 2017


harian365.com - Jawa Barat punya tradisi bancakan. Orang-orang menikmati aneka lauk, nasi serta sambal dalam satu wadah.

Gambar makan bersama di atas tanah tanpa alas yang diperbuat anak buah Pramuka pernah menghebohkan. Faktor ini memperoleh tak sedikit kritik dari beberapa pihak.

Makan bersama terbukti menjadi tradisi Indonesia di beberapa daerah yang butuh dilestarikan. Bancakan adalah tutorial menikmati makanan bersama-sama dalam satu wadah. Agenda ini tak jarang diperbuat saat selamatan ataupun syukuran.


Dulu, bancakan tak jarang diperbuat sebagai bentuk rasa syukur masyarakat untuk merayakan hari ulang tahun alias kelahiran anak. Bancakan ini terdiri dari nasi, aneka lauk, lalapan dan sambal dalam jumlah besar.

Dalam tradisi ini, nasi beserta lauk dialasi dengan daun pisang. Tidak hanya nasi putih, tak sedikit juga yang memakai nasi liwet dengan paduan ikan teri dan potongan petai yang beraroma sedap. Aneka lauk semacam ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lalapan, urap dan sambal pedas.

Bancakan yang berisi lauk yang mengelilingi nasi ini disantap kurang lebih 6 sampai 10 orang. Proses memakannya diperbuat bersama dengan memakai tangan.


Budaya makan bersama ini mencerminkan semangat gotong royong dan kerukanan dalam nasib bermasyarakat. Setiap yang hadir dalam agenda kelahiran ini, turut mendoakan anak yang baru lahir. Anak dibuatkan bancakan dengan andalan bakal dilimpahi kebaikan, keberkahan dan berguna bagi sesama.







Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger