Perut Tetap Buncit Usai Melahirkan? Belum Tentu Hamil Penyebabnya

Written By admin on Sabtu, 25 Februari 2017 | Februari 25, 2017


harian365.com - Wajar-wajar saja apabila tubuh Kamu tetap menggemuk selepas melahirkan. Namun bukan berarti Kamu dapat selamanya menyalahkan kehamilan ya.

Ternyata ketua tim peneliti, Olga Yakusheva kerap menemukan fenomena ini di masyarakat. Ibu-ibu yang tetap gemuk setahun alias dua tahun pasca melahirkan tetap merasa faktor ini wajar mereka alami.

Padahal ini dapat jadi sebab 'kesalahan' mereka sendiri. Apa maksudnya? Untuk memastikannya, peneliti kemudian memakai data rekam medis dari 32.000 wanita yang melahirkan 1-4 anak dalam kurun tahun 2006-2013.

Mereka memantau pola berat badan ibu-ibu ini, lalu memakai rumus tertentu untuk menghitung pola berat mereka apabila tak sempat melahirkan.

Hasilnya, pada wanita yang belum sempat melahirkan, kenaikan bobot rata-rata pertahunnya mencapai 0,87 kg, sedangkan pada wanita yang mempunyai anak, kenaikan rata-rata pertahunnya mencapai 1,31 kg.

"Sebab kenaikan bobot seusai melahirkannya lebih cepat daripada wanita yang tak punya anak, jadi kita menduga ini telah tak ada kaitannya dengan kehamilan," ungkap Olga semacam dilaporkan CBS News.

Muncul dugaan bahwa ini sebab perubahan perilaku seorang wanita seusai mempunyai anak. "Mereka cenderung mengedepankan keperluan anak-anaknya terlebih dulu jadi tak lagi mengurus dia sendiri, apalagi untuk berolahraga," katanya.

Penyebab lainnya merupakan kebiasaan ibu-ibu menghabiskan makanan anak alias meluangkan waktu bersama anak-anak mereka namun sambil duduk, misal saat menemani mereka belajar membaca alias melihat film.

Lalu apa yang bisa diperbuat untuk meminimalisir faktor ini? Sejumlah ahli berbicara menyusui merupakan salah satu solusinya, sebab kegiatan ini bisa membakar 500 kalori ekstra dalam sehari.

"Selain itu ada kemungkinan proses kenaikan berat badannya bakal melambat dalam kurun lima tahun ke depan, ketika si anak mulai masuk sekolah," tambah Olga.




Sumber : harianhealth
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger