Home » , , , , , , , , , , » Hengkang dari TPP, Strategi Awal Trump untuk Perdagangan AS

Hengkang dari TPP, Strategi Awal Trump untuk Perdagangan AS

Written By admin on Sabtu, 21 Januari 2017 | Januari 21, 2017



Jakarta - Pemerintah baru Amerika Serikat (AS) di bawah ceo Donald Trump sudah menyiapkan taktik untuk melindungi lapangan pekerjaan bagi warga AS. Taktik itu dimulai dengan hebat diri dari perjanjian kerja sama perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP).

Rilis pihak Gedung Putih (White House) yang dikeluarkan segera seusai pengangkatan Trump menyatakan, pemerintah AS bakal mengambil perbuatan tegas kepada negara-negara yang melanggar kerja sama perdagangan serta memenyesalkan para tenaga kerja AS.

Pernyataan itu juga menyatakan, Trump bakal merenegosiasi kesepakatan perdagangan yang tercantum dalam North American Free Trade Agreement (NAFTA), yang diteken pada 1994 oleh AS, Kanada, serta Meksiko.

"Sudah sekian lama masyarakat Amerika Serikat, pria serta perempuan pekerja keras, dipaksa untuk menerima kesepakatan perdagangan yang memuat kepentingan orang-orang dalam serta para elite Washington," sebut pernyataan dari Gedung Putih, semacam dikutip dari Reuters, Sabtu (21/1/2017).

Bukan itu saja, pernyataan Gedung Putih juga menyebut perjanjian perdagangan yang adil serta kuat bakal digunakan untuk menambah pertumbuhan ekonomi serta mengembalikan jutaan lapangan pekerjaan di AS.

"Strategi dimulai dengan penarikan diri dari TPP serta memastikan setiap perjanjian baru di bidang perdagangan wajib terkait dengan kepentingan para pekerja Amerika Serikat," sebut pernyataan itu.

Selain itu, apabila negara mitra di NAFTA menolak memberbagi kesepakatan yang adil dalam renegosiasi perjanjian, maka Presiden AS bakal memberi peringatan untuk hebat diri dari NAFTA," tulis pernyataan tersebut.

Perjanjian TPP, yang sudah ditandatangani AS tetapi tak diratifikasi, sudah menjadi pilar ekonomi mutlak bagi pemerintahan AS selagi dipimpin Barack Obama. Terutama, sebagai poros bagi kawasan Asia Pasific untuk menghadapi kebangkitan ekonomi China.


Sumber :detik
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger